SELAMAT DATANG

Minggu, 05 Juni 2011

Orbs, ektoplasma, & vortex BUKAN PENAMPAKAN ROH HALUS

Posted by wandy Rilex on 22.57

Beberapa waktu yang lalu saya sempat tertarik dengan sebuah acara di salah satu stasiun televisi swasta yang menampilkan foto-foto penampakan orb yang katanya merupakan fenomena mistis dimana Kang Dicky ( Guru Utama Hikmatul Iman) dengan kameranya bisa menangkap sosok jelmaan makhluk halus. Dimana orb tersebut dikatakan adalah jiwa/arwah(disebut juga ‘sesuatu’ yang memiliki energi negatif) yang tak sengaja tertangkap kamera dengan bentuk bulat/bundar.
Foto dibawah ini adalah salah satu bentuk klaim energi jin yang bisa di foto oleh Tim Ekspedisi Hikmatul Iman di Perbatasan Kedung Arum Padarek Kuningan.

Ada juga berbagai bentuk “energi jin” yang katanya sempat difoto anak-anak murid Hikmatul Iman di http://rantingftunwim.multiply.com/photos/album/6/orbs_dan_ekto disertai klaim pseudoscience (ilmu pengetahuan palsu) berbagai teori palsu penampakan “setan” Orbs, ektoplasma, & vortex yang dijelaskan di sini . benarkah klaim bahwa Orbs, ektoplasma dan vortex adalah penampakan jin??Mari kita bahas bersama………………………
Pembahasan:
Foto di bawah ini awalnya diklaim adalah penampakan UFO. Foto ini diambil di wilayah Evans Head oleh seorang perempuan bernama Korrine Stewart. Sekitar pukul 22.30 malam, tiba-tiba sebuah benda aneh terlihat muncul di sebelah Bulan.
Anehnya, Stewart mengaku hanya bisa melihat benda yang terlihat bulat ungu itu melalui kameranya. Meski yakin tentang keberadaan UFO, Stewart tak yakin benda yang dipotretnya itu adalah UFO. “Waktu itu saya pikir hanya bayangan,” kata dia, seperti dimuat laman Northernstar.com.au, Jumat 9 April 2010.
Para ahli supranatural /paranormal berkata lain. Mereka berkata bahwa objek yang tertangkap itu adalah Orb (bola energi), yang merupakan sebuah penampakan aktifitas supranatural .
Berikut ini contoh foto fenomena orb yang diklaim berkaitan dengan mistis/supranatural.
Kemunculan Orb
Evolusi digital imaging yang dimulai pada akhir 1990-an menyebabkan revolusi dalam penelitian paranormal./ahli suprnatural. Peneliti mulai melaporkan adanya fenomena yang sebelumnya tak terlihat pada kamera yang diambil menggunakan kamera konvensional berbasis film.  Dengan persetujuan bersama, tampaknya fenomena paranormal ini dijuluki sebagai ‘Orb’. Orb umumnya berbentuk anomali lingkaran yang terang (seolah-olah bercahaya) didalam foto, walaupun bentuk-bentuk lain seperti bersudut dan memanjang, anomali bulat/bundar, lebih sering muncul dengan berbagai warna dan jumlah…
Interpretasi Paranormal  Selain diartikan sebagai sebuah efek optik, orb terkadang juga dianggap sebagai sebuah fenomena paranormal seperti makhluk bercahaya, makhluk luar angkasa, pesawat luar angkasa, hantu, atau makhluk elemental lainnya.
Meskipun ada penjelasan ilmiah berkenaan dengan kemunculan orb, teori-teori ilmiah yang ada tidak dapat menjelaskan semua penampakan tersebut. Salah satu contoh penampakan yang berlangsung secara konsisten adalah kemunculan orb atau gejala cahaya bergerak lainnya pada hasil foto di lokasi-lokasi tertentu seperti ECETI ranch di negara bagian Washington bagian selatan di dekat Gunung Adam. Orb-orb secara konsisten muncul dalam jumlah besar pada foto tidak peduli jenis kamera yang dipakai, dan tidak peduli waktu pengambilan fotonya.
Hingga saat ini, ribuan gambar Orb telah tersebar dan tertangkap dalam hasil foto kamera.
Kontroversi tentang kemunculan orbs sangat bervariasi misalnya banyak peneliti percaya bahwa anomali tersebut adalah bukti, dari aktivitas supranatural/makhuk halus. Lainnya menganggap orbs merupakan emisi energi yang dikeluarkan oleh makhluk lain ‘.  Internet dipenuhi dengan gambar-gambar yang mengandung orbs dan sampai saat ini mereka masih menganggap hal ini disebabkan dari aktivitas mistis. Forum-forum diskusi di internet juga ada yang membahas fenomena ini. Koran dan majalah mempublikasikan foto-foto orbs, meyakinkan klaim dari paranormal dan ahli spiritual. Dan kadang-kadang menambahkan dukungan selebriti untuk membuktikannya seperti pada kasus bintang TV Noel Edmonds. Yang mengatakan bahwa 2 buah orbs yang pernah tertangkap di kamera nya adalah arwah dari almarhum orang tuanya yang telah meninggal. Anda bisa melihat beritanya disini : dailymail
Ada juga beberapa buku yang ditulis dengan menggambarkan sifat supernatural dari orbs hingga sampai bagaimana cara berinteraksi dengan orbs sehingga orang bisa mendapatkan pencerahan spiritual ‘Melalui Orbs Ascension ‘ [Diana Cooper dan Kathy Crosswell, Findhorn Press]. 
Penjelasan ‘Orb’
Istilah “orb” mengacu kepada objek tidak diduga yang muncul dalam foto dan umumnya berbentuk lingkaran. Terkadang, objek ini memiliki ekor, yang menandakan bahwa ia bergerak.  Istilah teknis fotografi untuk kemunculan orb, khususnya yang muncul menyolok pada kamera-kamera kompak, adalah “backscatter”, orb backscatter, atau pantulan di dekat kamera.
Dengan keterbatasan ukuran pada kamera kompak dan ultra-kompak, khususnya kamera digital, jarak antara lensa dengan lampu kilat pun sangat dekat, sehingga mengurangi sudut pantulan cahaya ke lensa dan meningkatkan peluang terjadinya pantulan cahaya dari partikel-partikel yang tidak dapat terlihat dalam kondisi normal. Karenanya, orb lazim ditemukan pada foto-foto yang dihasilkan pada kamera digital maupun film yang berukuran kecil.
Orb dapat muncul dari pantulan cahaya partikel-partikel padat (misal debu), cair (titik-titik air, khususnya hujan), atau benda asing lainnya di dalam lensa kamera.
Orb yang diambil selama kasus cahaya rendah di mana lampu kilat kamera diimplementasikan, seperti pada malam hari atau di bawah air. Benda yang diambil dengan kamera kompak atau ultra-kompak, di mana jarak pendek antara lensa dan yang built-in flash menurunkan sudut refleksi cahaya ke lensa, langsung menerangi aspek partikel menghadap lensa dan meningkatkan kemampuan kamera untuk menangkap cahaya yang tercermin dari partikel – partikel yang terlihat.
Orb yang sempurna biasanya berbentuk lingkaran putih atau semi-transparan, meskipun mungkin juga terjadi dengan spektrum warna dari keseluruhan atau sebagiannya. Dengan tetesan hujan, gambar dapat menangkap cahaya yang melewati tetesan menciptakan efek pelangi kecil.
Dalam kondisi di bawah air, partikel seperti pasir atau kehidupan laut kecil dekat dengan lensa, tak terlihat untuk penyelam, memantulkan cahaya dari flash menyebabkan artefak bola dalam gambar. Sebuah flash strobe, yang jarak dari lampu kilat lensa, menghilangkan artefak.  Berikut adalah dua diagram dari contoh hipotesis air. Dalam Diagram A, wajah langsung partikel selaras dengan lensa kamera yang diterangi oleh lampu kilat, dan dengan demikian kamera akan merekam lebih mungkin pembentukan orbs. Dalam Diagram B, partikel diterangi oleh lampu kilat didepan wajah lensa dan karena itu tetap terekam.
Sebuah contoh hipotesis bawah air dengan dua kondisi di mana orbs adalah (A) mungkin atau (B) tidak mungkin.
Dari 2001 – 2003, Para.Science melakukan serangkaian penelitian untuk menentukan sifat orbs dan juga mengapa mereka hanya muncul pada kamera digital. Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan probabilitas bahwa orbs hanyalah hasil dari debu udara, kelembaban dan partikulat yang mencerminkan cahaya dari kamera flash kembali ke chip imaging, sehingga menghasilkan karakteristik anomali cerah.  Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa untuk menghasilkan anomali orbs dalam gambar harus memenuhi beberapa kondisi yang harus terpenuhi; yaitu flash harus Kamera telah digunakan pada saat pengambilan gambar. Materi udara harus berada dalam beberapa sentimeter dari lensa kamera dan materi juga harus dalam kisaran sempit sudut relatif terhadap pusat sumbu lensa material yang dapat memantulkan cahaya dari flash ke dalam lensa.
Penelitian ini mengakibatkan banyak orang mempertanyakan sifat sejati orbs dan menuntun orang-orang lain untuk melakukan eksperimen mereka sendiri dengan hasil probabilitas bahwa orbs adalah hasil dari debu udara dan bahan lainnya telah banyak diakui. Namun ketidakmampuan dari studi sebelumnya oleh Para.Science dan orang lain untuk meyakinkan menunjukkan bahwa masalah kelembaban udara yang membentuk anomali orbs ini telah melahirkan perdebatan antara ahli-ahli supranatural, pendapat skeptis dengan ahli sains.
Sebuah eksperimen beberapa waktu yang lalu dilakukan oleh Para.Science adalah dengan penggunaan stereo (kiri & kanan) fotografi untuk mengeksplorasi fenomena orbs. Dengan menggunakan teknik ini memungkinkan untuk menguji hipotesis bahwa udara dan orbs adalah masalah fisik yang dekat dengan kamera. Jadi, jika sebuah orbs ditemukan hadir pada satu gambar dari sepasang stereo gambar yang diambil secara simultan dan tidak ada pada yang lain, kemudian sumber asli yang anomali harus berada dalam sudut pandang yang terbentuk antara flash dan lensa agar pencahayaan flash ini tercermin dari sumber menyebabkan anomali terang muncul pada gambar akhir.
Juga, seperti objek yang hanya muncul pada salah satu gambar stereo harus secara fisik dekat dengan kamera. Ia akan muncul pada kedua gambar stereo jika terletak lebih dari jauh dari kamera (biasanya kurang dari 2-3cm), sebagaimana ditentukan oleh pemisahan dua sumbu lensa. 
Kesulitan ini termasuk; menemukan cara untuk memastikan bahwa kedua gambar diambil secara bersamaan, bahwa kedua gambar telah fokus pengaturan fotografi yang identik yaitu & exposure dan bahwa kedua gambar itu pengolahan pasca adegan gambar sama diterapkan seperti pra-set, keseimbangan warna, file kompresi dll Penggunaan lensa stereo dipasang ke kamera digital juga melihat potongan seperti terlebih dahulu sebagian diblokir cahaya dari kamera built in flash dan kedua penggunaan lensa tunggal / CCD berarti bahwa tidak akan mungkin untuk sepenuhnya mengecualikan setiap anomali dan kesalahan yang disebabkan oleh lensa / CCD yang lain diketahui penyebab dari beberapa orbs seperti anomali fotografi.  Parascience melakukan penelitian dengan meggunakan kamera Fujifilm W1 3D. Kamera digital saat ini yang terdiri dari sepasang lensa dan chip gambar resolusi tinggi membentuk sepasang gambar yang mengambil sistem dengan terintegrasi didalam tubuh kamera yang sama. Kedua gambar mengambil sistem berbagi flash tunggal umum diposisikan berjarak sama antara dua lensa. Penting, baik foto cocok mengambil sistem yang diaktifkan dengan tombol rana yang sama dan menggunakan fokus yang sama, eksposur dan pengaturan flash, sehingga memastikan bahwa dua gambar yang dihasilkan dihasilkan untuk setiap pers rana adalah identik dalam segala hal kecuali untuk pemisahan antara kiri dan kanan gambar. Kamera ini telah membuktikan hipotesis bahwa orbs adalah hasil dari materi udara sekitar yang tercermin dari lampu flash sehingga menciptakan anomali orbs.
Kamera telah digunakan dalam rangkaian percobaan dilakukan di lebih dari dua puluh lokasi luas tersebar di seluruh Inggris dan Eire selama 2009 dan 2010. Lokasi terpilih untuk mencakup perwakilan luas tempat berhantu misalnya diduga istana, lokasi industri, bangunan ritel modern dan juga termasuk lokasi dalam dan luar ruangan. 
Foto-foto itu diambil di beberapa lokasi diketahui dengan baik juga, seperti Maria King’s Close, Edinburgh; Margam Castle, Wales Barat, dan Yogyakarta Gaol di Eire.
Dalam kebanyakan kasus fotografi itu dilakukan peneliti sedangkan paranormal & anggota, masyarakat tidak menyadari sifat tertentu dari kamera atau percobaan yang dilakukan dilakukan beberapa bentuk investigasi paranormal. Ini menjurus pada satu kesempatan untuk suatu kejadian lucu saat Menengah psikis pada satu lokasi melihat sebuah bola ” pada layar LCD kamera dan menyatakan foto yang akan ‘Bukti’ semangat seorang gadis muda yang menghantui lokasi itu!  Dalam rangka untuk meniru titik “dan menembak” teknik fotografi digital yang paling dilakukan selama investigasi paranormal amatir kamera itu hanya digunakan dalam eksposur otomatis dan modus fokus. Penggunaan modus otomatis juga memastikan bahwa pasangan stereo resultan dari gambar yang identik dalam hal apapun Software pengolah gambar yang digunakan dalam kamera yaitu yang mempengaruhi keseimbangan warna, adegan pra-set, file kompresi gambar pasangan ini .
Tidak ada peningkatan atau manipulasi gambar yang dilakukan. Setiap pasangan secara bersamaan diambil gambar stereo kemudian dilihat berdampingan dan hanya secara visual untuk dibandingkan keberadaan anomali bola pada salah satu dari pasangan.  Survei komprehensif ini sangat mendukung hipotesis bahwa orbs hanyalah hasil dari debu dan bahan lainnya yang melayang di udara dan dekat dengan kamera , dan sama sekali tidak berkaitan dengan fenomena spiritual.
Berikut ini foto-foto yang diambil oleh Para.science yang berlokasi di Maria King’s Close, Edinburgh; Margam Castle, Wales Barat, dan Yogyakarta Gaol di Eire yang diambil dari kamera yang sama dengan objek yang sama, ( Kiri dengan menggunakan flash, Kanan tidak )
Kenapa foto-foto orbs kebanyakan tertangkap pada malam hari…?Saya yakin karena orang yang mengambilnya menggunakan kamera flash. Foto-foto yang menghasilkan anomali orbs, kebanyakan menggunakan kamera yang memiliki lampu flash.

0 komentar:

Poskan Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site

 
  • Nikmati Menu Seadanya Bray/Sista